Sudahkah kita mengenal nasab Rasulullah ??

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Menurut saya sepatutnya kita sebagai umat Islam, umat yang diridhoi oleh ALLAH Subhanahu wa ta'ala dan umat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.. kita mengetahui nasab (garis keturunan)رسول الله صلى الله عليه وسلم , karena dengan jasa Beliaulah kita menjadi umat yang selamat dari kegelapan (kesesatan) dan Beliau jg nabi yang paling disayang oleh الله سبحانه و تعلى , nabi yang paling mempunyai akhlaq yang mulia, sehingga Beliau disanjung di dalam Al-Qur'an Karim..

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) ALLAH dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut ALLAH." (Q.S. Al-Ahzab : 21)
Kita sebagai umat رسول الله صلى الله عليه وسلم mempunyai keistimewaan yang lebih di sisi الله سبحانه و تعلى, kenapa ?!? Karena pada hari akhir nanti (hari hisab) Beliau akan meminta satu permintaan kepada الله سبحانه و تعلى sebagai permintaan pamungkasnya atau permintaan yang paling agungnya dari segala permintaan.. Karena setiap nabi itu mempunyai satu permintaan pamungkas, jikalau permintaan tersebut diminta maka akan langsung dikabulkan oleh الله سبحانه و تعلى dan tidak ada sesuatu apapun yang dapat menghalangi permintaan tersebut. Nabi-nabi lainnya sudah meminta permintaan pamungkasnya tersebut di dunia, sedangkan nabi محمد صلى الله عليه و سلم belumlah meminta permintaan tersebut, dan permintaan terakhirnya akan diminta di hari akhir nanti..
Dimana beliau meminta agar bisa mensyafaati umatnya dengan sesuai kehendak beliau hingga yang disyafaatinya bisa masuk surga.. dikatakan.. bagi siapa saja yang di hatinya terdapat lafadz لآ إله إلا الله (Laa ilaha illallahu) akan masuk surga.. dan umat yang paling awal dihisab adalah umatnya رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Sebelumnya pada nasab yg akan saya tuliskan ini akan saya jadikan 3 bagian..

Bagian pertama, Nasab رسول الله صل الله عليه وسلم :
مُحَمَّدٌ بن عَبْدُاللهُ بن هَاشِمِ بن عَبْدِ مَنَفْ بن قُصَيْ بن كِلَابِ بن مُرَّةْ بن كَعْبٍ بن لُؤَيْ بن غَالِبِ بن فَهْرٌ بن مَالِكِ بن النَضْرُ بن كِنَانَةِ بن خُزَيْمَةِ بن مُدْرَكَةِ بن إِلْيَاسْ بن مُضْرٍ بن نِزَارٍ بن مَعْدٌ بن عَدْنَانَ
Ini nasab رسول الله صلى الله عليه وسلم hingga kakek-kakeknya yang bernama 'adnan (عدنان), sebenarnya ada lagi nasab رسول الله صلى الله عليه وسلم hingga nabi Adam 'alahi salam, tapi dalam penamaan/nasabnya tersebut ada ikhtilaf/perbedaan pendapat antara ulama-ulama ahli sejarah.. InsyaALLAH dalam waktu mendatang akan saya tuliskan nasab رسول الله صلى الله عليه وسلم hingga nabi Adam 'alaihi salam atau saya akan mengupdate halaman ini dalam jangka waktu yang singkat.. Stay tune oke...! :)

Semoga dengan adanya tulisan ini, teman-teman dapat menghafal nasabnya
رسول الله صلى الله عليه وسلم dan mengetahui jauh tentang رسول الله صلى الله عليه وسلم.

UPDATED!!!
Sesuai dg janji saya utk menuliskan nasab
رسول الله صلى الله عليه وسلم , skrg saya akan menuliskannya di blog ini.

Bagian ke-2, Nasab رسول الله صل الله عليه وسلم :
و عدنان هو بن أُد بن هَمَيْسَع بن سَلاَماَن بن عَوْص بن نُوز بن قَمَوَال بن أَبيّ بن عَوَّام بن ناَشِد بن حَزّا بن بِلْدَاس بن يَدلاَف بن طَابِخ بن جَاحِم بن نَاحِش بن مَاخِي بن عَيْض بن عَبْقَر بن عُبَيْد بن الدَعَا بن حَمْدَان بن سُنْبُر بن يَثْرَبِي بن يَحْزَن بن يَلْحَن بن أَرْعَوِي بن عَيْض بن دَيْشَان بن عَيْصَر بن أَفْنَاد بن أَيْهَام بن مُنْصِر بن نَاحِث بن زَارَح بن سُمَيّ بن مُزِي بن عَوْضَة بن عَرَام بن قَيْدَار بن إِسْمَا عِيْل بن إِبْرَاهِيْم عَلَيْهِمَا السَلَام
Inilah bagian ke-2 nasab dari kakeknya رسول الله صلى الله عليه وسلم yang bernama Adnan (عدنان) hingga nabi Ibrahim 'alaihi salam..

Bagian ke-3,
Nasab رسول الله صل الله عليه وسلم :
إِبْرَاهِيْم عَلَيْهِ السَلَامِ وَ هُوَ بن تَارِح بن نَاحُوْر بن سَارُوع - أَوْ سَارُوْغ - بن فَالِح بن عَابِر بن شَالِخ بن أَرْفَخَشَد بن سَام بن نُوْح -عَلَيْهِ السَلَامِ - ابن لَامِك بن مُتُوشَلْخ بن أَخْنُوْخ ب - يُقَالُ هُوَ إِدْرِس عَلَيْهِ السَلَامِ - ابن يَرْد بن مهْلَائِيل بن قَيْنَان بن آنُوْشَة بن آدَم عَلَيْهِمَا السَلَامِ
Inilah bagian ke-3 nasab dari رسول الله صلى الله عليه وسلم yang bernama Ibrahim 'alaihi salam (إبراهيم عليه السلام) hingga nabi Adam 'alaihi salam..

Sekedar mengajak kepada teman2 agar kita bs menghafalkan nasab رسول الله صلى الله عليه وسلم , setidaknya kita menghafal pada bagian pertama di atas, karena itu adalah nasab yang tidak ada perbedaan pendapat antara ulama-ulama ahli sejarah.. Artinya, tidak ada keraguan dalam nasab tersebut. Semoga dengan kita menghafal nasab رسول الله صلى الله عليه وسلم , kita berdoa agar kita bs mendapatkan syafaatnya رسول الله صلى الله عليه وسلم di hari akhir nanti.. amin ya rabbal 'alamin

Dan, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman2 semuanya..

Best Regards,

Your friend

Comments

No responses to “Sudahkah kita mengenal nasab Rasulullah ??”